Fitur kecil yang sangat bermanfaat bagi pengguna Blackberry 10

0
844

Smartphone memang berbeda dengan featured phone. Saking banyaknya fitur yang dimiliki oleh sebuah smartphone, tak jarang beberapa fitur terlewatkan begitu saja sehingga tidak dimaksimalkan oleh pengguna.

Di perangkat BlackBerry, ada beberapa fitur yang mungkin sebenarnya terlihat sepele, namun akan sangat bermanfaat. Disini kami akan menjabarkan beberapa fitur yang mungkin jarang diaplikasikan pada perangkat BlackBerry Anda.

a. Lock Screen Message

Thegrass Photo Studio

Sesuai namanya, fitur ini berguna untuk mengaktifkan pesan disaat layar perangkatBlackBerry kita terkunci. Terlihat tidak penting, namun bukan berarti tidak bermanfaat. Pernah terbayang jika perangkat BlackBerry kamu tertinggal selepas kumpul bersama teman atau acara undangan dengan banyak orang? Atau mungkin terjatuh di kendaraan atau tempat umum? Dalam satu kasus, kita berharap yang menemukan adalah orang baik, lalu menghubungi informasi yang tertera di layar BlackBerry kita.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Pada perangkat BlackBerry 10 Anda, berikut tahpannya:

1. Yang pasti, kita terlebih dahulu harus mengaktifkan kunci untuk perangkat BlackBerry kita. Tujuan pembuatan kunci ini adalah agar data pada perangkat kita tetap aman saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tadi. Atur password di Settings – Security and Privacy – Device Password.

Baca juga :   Tips Membaca Pesan BBM, Tanpa Ketahuan si Pengirim

A1

2. Masih di Security and Privacy, sekarang beralih ke opsi Lock Screen. Disini kita bisa mengatur semua tentang apa yang bisa dilakukan smartphone kita saat layar terkunci. Dari mulai menampilkan pemberitahuan yang masuk, mengatur pesan dari notifikasi, hingga mengatur Lock Screen Message.

A2

3. Scroll ke bawah, dan Anda akan menemukan 2 kolom untuk diisi sebagai Lock Screen Message.

A3

4. Anda bisa mengisinya dengan informasi yang memungkinkan orang lain untuk mengembalikan perangkat BlackBerry Anda jika sewaktu-waktu hilang. Misalnya nama dan nomer telpon, atau alamat.

A4

Dengan demikian, data di perangkat BlackBerry 10 Anda akan aman, namun juga orang lain yang menemukan smartphone Anda bisa mengembalikannya.

 

b. Application Permissions

Smartphone memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menginstal banyak aplikasi penunjang, namun pasti memiliki resiko tersendiri. Beberapa aplikasi dapat menyebabkan menguras baterai karena mungkin terus berjalan di background atau memerlukan akses lokasi. Pada BlackBerry 10, Anda dapat dengan mudah mengatur izin apa saja yang diberikan kepada aplikasi tertentu dalam mengakses fitur tertentu smartphone Anda.

Baca juga :   BlackBerry Hub sekarang bisa dipakai Android

1. Kembali ke menu Settings – Security and Privacy, lalu pilih Application Permissions.

B1

2. Silakan aplikasi yang ingin Anda atur aksesnya. Atau Anda juga menyortir sesuai dengan akses yang akan anda berikan, apakah berdasarkan berjalan di background, mengakses lokasi Anda, informasi kontak, kamera dan yang lainnya.

B2

3. Pada aplikasi yang dikehendaki, silakan matikan akses-akses tertetntu yang tidak ingin Anda izinkan.

B3

4. Untuk memaksimalkan fungsi ini, ada baiknya Anda juga memeriksa Device Monitor untuk melihat aplikasi apa saja yang memakan resource banyak dari smartphone Anda. Sehingga perangkat BlackBerry Anda bisa tetap berjalan maksimal.

B4

Nah, berikut tadi adalah fitur kecil yang mungkin jarang digunakan oleh Anda, namun memiliki fungsi yang besar dalam keseharian Anda menggunakan perangkat BlackBerry. Semoga bermanfaat.

sumber

Tinggalkan Balasan