Tips Cara Merawat Lensa dan Kamera DSLR

2
1446

Kamera digital seperti halnya barang elektronik lainnya sangat membutuhkan perawatan ekstra. Berbagai komponennya begitu sensitif dan mudah rusak kalau kita ceroboh dan tidak hati-hati dalam menggunakannya. Setelah digunakan memotret begitu banyak momen dan gambar, di ajak bekerja keras di dalam dan luar ruangan tentunya sebuah kamera butuh perawatan yang baik untuk bisa tetap menghasilkan beragam foto yang bagus dan jernih. Membersihkannya adalah hal yang wajib dan tidak boleh diabaikan, terutama jika kamera lebih sering digunakan di luar ruangan yang tentunya akan sangat rawan debu bahkan kotoran. Secara umum, baik untuk kamera saku maupun DSLR, cara membersihkannya sama. Hanya saja, kamera DSLR butuh dibersihkan pada bagian sensor yang merupakan komponen terpentingnya.

Sediakan alat-alat khusus seperti berikut:
1. Kain Microfiber yang bebas kimia dan minyak (seperti kain  pembersih kaca mata). Pastikan untuk selalu menyimpan kain ini di dalam kantong yang bersih dan tertutup.
2. Kuas lembut.
3. Blower (hindari meniup kotoran dengan mulut)
4. Lens tissue (untuk mengangkat residu pada lensa)
5. Cotton buds (digunakan pada bagian-bagian sempit pada  body kamera)
6. Cairan pembersih khusus lensa (sebagai pengganti air)

Kesemua peralatan tersebut bisa kita beli di toko-toko kamera.
Ingat jangan pernah menggunakan benda-benda berikut untuk membersihkan lensa:
1. Tissue (baik itu tissue wajah, tissue makan, dan sejenisnya)
2. Kapas.
3. Kain baju karena bahannya bisa meninggalkan goresan
4. Cairan pembersih selain cairan khusus untuk lensa.
5. Kuas yang kasar.

Baca juga :   Alasan Larangan Transaksi Dengan Dollar Tak Berlaku Untuk Pebisnis Online
Thegrass Photo Studio

MEMBERSIHKAN LENSA
1. Buka tutup lensa (pada kamera saku, nyalakan kamera), lepaskan filter  lensa jika digunakan
2. Posisikan lensa menghadap ke bawah, gunakan blower untuk meniup debu di seluruh permukaan lensa.
3. Jika masih ada debu di pinggiran lensa, gunakan kuas halus untuk menyapunya.
4. Bersihkan lensa dengan lembut menggunakan kain Microfiber, usap permukaannya secara gerakan memutar mulai dari tengah lensa bergerak ke arah luar. Jika masih ada kotoran yang menempel, basahi kain dengan
cairan pembersih khusus lensa sebelum mengusapnya. Ingat jangan pernah menyemprotkan cairan pembersih secara langsung kepermukaan lensa.
5. Keringkan sekali lensa yang sudah dibersihkan dengan Lens tissue untuk memastikan kebersihannya.

dslr 2

MEMBERSIHKAN LCD dAN VIEWFINDER
Proses pengerjaanya hampir sama dengan proses membersihkan lensa. Namun khusus pada bagian viewfinder hood, perlu digunakan cotton buds untuk mengangkat kotoran yang tersembunyi di sela-sela karetnya.

MEMBERSIHKAN BODY KAMERA
1. Pastikan kamera dalam keadaan mati
2. Gunakan kuas untuk membersihkan permukaan body,  terutama setelah di pakai memotret di luar ruangan, seperti dijalanan, di lokasi pantai yang tentunya berangin dan berpasir. Perhatikan terutama bagian-bagian sambungan seperti tempat memasang lensa, tutup batterai, penutup SD card, dan beragam tombol-tombol yang terdapat pada body kamera.
3. Setelah bagian-bagian sempit dibersihkan, gunakan kain lembut untuk mengelap seluruh body camera. Jangan lupa, gunakan kain yang terpisah, bukan yang kain yang dipakai untuk membersihkan lensa dan LCD namun harus tetap berbahan Microfiber. Gunakan sedikit cairan pembersih lensa.

Baca juga :   Muncul Pesan "the file or directory is corrupted and unreadable" pada Flasdisk atau Hardisk, Bagaimana Memperbaikinya?

MEMBERSIHKAN SENSOR
Kamera digital SLR pastinya memiliki perangkat sensor yang sangat canggih dan letaknya pun sulit dijangkau yaitu pada bagian dalam. Meskipun letaknya di dalam namun tidak menutup kemungkinan sensor kamera terkena kotoran misalnya saat terjadi proses lepas tukar lensa, maka sebaiknya ketika Anda mengganti lensa pastikan tempat tersebut bebas akan kotoran. Sama seperti lensa kamera, sensor kamera DSLR pun memiliki filter maka filter sensor ini lah yang butuh dibersihkan dengan rutin, berikut caranya:
– Pastikan mirror lock up aktif agar mirror dalam lensa terbuka ketika akan dibersihkan, umumnya mengaktifkan Mirror lock up dapat dilakukan dari main menu.
– Dalam keadaan mirror lock up aktif, lepaslah lensa dan tekan shutter release hingga mirror terangkat sehingga terlihatlah sensor kamera DSLR Anda.
– Hadapkan kamera DSLR ke bawah dan semprot dengan blower, agar debu langsung jatuh ke bawah bukannya masuk kembali ke tempat yang lebih sulit di jangkau. Bila telah selesai langsung matikan kamera.
– Anda juga dapat mengecek apakah sensor kamera sebenarnya sudah bersih atau masih kotor dengan cara memasang lensa dan atur shutter pada bukaan tertinggi, dan fotolah bidang yang berwarna putih, seperti tembok atau kertas putih, lalu lihatlah dengan seksama gamabr tersebut melalui layar komputer. Jika masih kotor silahkan ulangi lagi. Namun ada baiknya membawa kamera ke Canon Care Center untuk mendapatkan proses pembersihan secara profesional.

Baca juga :   Cara Merubah Walpaper di Windows 7 Starter

Tips terakhir:
Jangan pernah memegang permukaan lensa dengan jari karena akan meninggalkan jejak yang mungkin mengandung debu dan minyak, jika itu terjadi tentunya akan sangat sulit dibersihkan. Jangan gunakan ujung kaos, tissue, atau sembarang kain untuk membersihkan lensa jika kamu sedang di luar rumah. Kain Microfiber harus selalu ada di dalam tas setiap kali berpergian. Bersihkan kamera secara rutin atau segera setelah digunakan di lokasi yang sangat berdebu. Jika ada partikel yang tersangkut sehingga menyebabkan tombol-tombol macet, jangan mencungkilnya secara paksa. Ada baiknya membawa kamera Anda ke Canon Care Center untuk melakukan pembersihan yang profesional.

Cara berterima kasih yang paling baik kepada kamera mu adalah dengan merawatnya secara teratur.

Salam fotografi !