Bagaimana Cara Menghasilkan uang dari YouTube?

4
325

Suketiawan.com – Hello sobat, beberapa hari kemarin banyak temen-temen aku yang bertanya, bagaimana caranya mendapatkan penghasilan dari YouTube? Nah disini saya akan mengulas sedikit dari yang saya tau tentang judul artikel ini. Oh ya Pengguna YouTube sering menghabiskan banyak waktu di depan layar monitor untuk menonton video-video unik dan menarik yang diunggah oleh para pengguna YouTube dari seluruh dunia. Situs ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia dan menjadi salah satu penghasil uang yang cukup populer.

Seperti prinsip bisnis yang kita ketahui selama ini, di mana ada keramaian maka di sana akan ada banyak uang atau potensi keuntungan. Dan memang benar, sekarang ini ada banyak sekali orang yang menghasilkan uang dari video-video yang mereka unggah ke YouTube, bahkan ada orang yang menghasilkan uang hingga ratusan juta rupiah per bulan hanya dari video yang mereka unggah ke YouTube. Dari manakah uang tersebut? Berikut beberapa ulasan singkatnya ya..

Berbagai jenis video bisa kita temukan di YouTube, mulai dari video tutorial, video musik, video berita, video humor, video tentang sains dan teknologi, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya. Kalau kita membuka situs YouTube, maka kemungkinan besar kita akan melihat iklan di sana, baik itu di bagian videonya ataupun di bagian side bar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah views nya banyak. Nah penghasilan si pemilik video ini berasal dari klik iklan atau jumlah views iklan yang muncul di video tersebut.

Lihat tampilan iklan YouTube di gambar berikut ini,

Lalu Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari YouTube?

Jika kalian ingin mendapatkan uang dari YouTube maka kita harus mengunggah atau mengupload konten video yang unik dan menarik ke YouTube. Semakin banyak views atau yang menonton ke video kita tersebut, maka akan semakin besar peluang penghasilan yang kita dapatkan dari YouTube.

Sebelumnya saya ingin menekankan bahwa tidak ada jaminan bahwa video Anda di YouTube akan menghasilkan banyak uang. Dan artikel ini semata-mata hanya memberikan informasi langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa menjadi “mitra kerja” YouTube dan menghasilkan uang dari layanan mereka. Berikut ini beberapa langkah-langkahnya:

Baca juga :   Cara Memasang Iklan PTC di clickindo.com

1. Membuat Akun YouTube

Tidak sulit untuk membuat akun YouTube, jika kamu pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google kamu (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti kamu akan melihat tampilan situs YouTube tersebut.

Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube kamu. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila kamu ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website kamu atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru.

Pada halaman baru tersebut, masukkan nama Channel yang sesuai dengan yang Kamu inginkan. Lalu pilih kategori yang sesuai, jangan lupa centang bagian “I agree to the Pages Terms”, lalu klik “Done”.

2. Mulai Mengupload Video ke YouTube

Agar bisa menghasilkan uang dari YouTube, kita harus memiliki konten video original yang di-upload ke Channel kita di YouTube. Konten video ini harus milik Anda sendiri atau video yang materinya tidak melanggar hak cipta orang lain, mulai dari materi videonya (video clip, image, logo) sampai back-sound. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan ide konten video, kita bisa membuat video unik dengan merekam kegiatan sehari-hari yang unik (misalnya memancing), video tutorial, merekam saat bermain gitar, dan lain-lain.

Rajinlah membuat dan mengunggah video unik ke Channel kamu, setidaknya kamu perlu mengunggah sekitar 100 – 200 video unik dan menarik ke YouTube untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan besar dan jangan lupa share hasil video kamu di media social yang kamu miliki supaya banyak yang menonton. Catatan penting, jangan pernah mengunggah materi video yang melanggar hak cipta orang lain ke dalam Channel YouToube kamu karena hal tersebut bisa membuat akun kamu bermasalah di kemudian hari.

Di bawah ini adalah salah satu contoh video milik saya sendiri dan bias memberikan contoh,

Baca juga :   Beberapa Tips Android Lolipop

3. Mendaftar Ke Google Adsense

Walaupun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari YouTube, namun sebagian besar orang lebih memilih menggunakan program Google Adsense untuk me-monetize konten video mereka. Biasanya Channel yang memiliki video dengan banyak views akan mendapatkan undangan langsung dari Google Adsense. Tapi bila kita belum mendapatkan undangan tersebut, kita bisa mendaftarkan diri ke Google Adsense. Silahkan baca tutorial pendaftarannya Di SINI.

Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun Google Adsense, maka Anda tidak perlu mendaftar lagi. Yang perlu dilakukan adalah cukup menghubungkan akun Google Adsense tersebut ke akun YouTube kamu, tentunya email yang digunakan harus sama. Setelah akun Adsense terhubung dengan akun YouTube, maka kamu tinggal menunggu earning yang masuk dari video-video Anda. Dan yang saya tau bias cair minimal sudah menghasilkan $100.

4. Mengaktifkan monetisasi saluran

Oke, sekarang kamu telah memiliki saluran dan sudah diberi alamat url khusus yang lebih ringkas. Saya anggap kamu sudah mengupload satu dua video ke saluran Anda. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan setelah monetisasi pada saluran kamu, yaitu dengan kata lain kita mengijinkan Google untuk menampilkan iklan di video yang kita miliki. Caranya :

  • Masuklah ke halaman Dasbor >> Setelan saluran >> Fitur, atau klik link ini.
  • Klik Aktifkan Akun Saya. Nanti terbuka halaman Perjanjian yang cukup, Centang saja semua, tanda Anda setuju, kemudian klik tombol Saya setuju. Setelah itu muncul pilihan format iklan yang akan ditampilkan.
  • Disini, Anda menentukan jenis iklan apa yang akan tampil nanti. Iklan hamparan dalam video adalah berupa iklan memanjang yang akan tampil di bagian bawah video Anda, yang apabila diklik maka Anda akan mendapatkan bayaran. Sedangkan pilihan Iklan True-view dalam aliran, adalah video iklan yang akan diputar otomatis sebelum video Anda ditonton. Anda boleh memilih salah satu, bisa juga memilih dua-duanya. Jika sudah klik tombol Monetisasi. Nah, sekarang saluran Anda sudah diaktifkan untuk dimonetisasi dan Anda sekarang sudah menjadi Mitra Youtube.
  • Pilihan jenis iklan ini, dapat Anda sesuaikan atau rubah kemudian. Pastikan Anda memonitor performa penghasilan sampai Anda menemukan jenis iklan yang paling cocok dengan video Anda sendiri.Biasanya iklan berupa tutorial, produk, perusahaan lebih cocok menggunakan jenis Hamparan, sedangkan video hiburan lebih cocok menggunakan video jenis True-view. Ini terkait dengan perilaku penonton yang berbeda dari jenis video masing-masing.
Baca juga :   Instagram kini bisa di incipin di layar komputer Windows 10

Sampai di sini, jika kamu sebelumnya sudah memiliki beberapa video, maka otomatis video tersebut akan dimonetisasi, setelah direview dalam waktu singkat, maka berarti kamu sudah mulai mengumpulkan pundi-pundi penghasilan dari Youtube. Selain itu kamu juga dapat memilih sendiri video mana saja yang ingin dimonetisasi.

Masuklah ke halaman Pengelola video, Centang video mana yang ingin dimonetisasi, klik Tindakan terus pilih monetisasi. Atau bisa juga langsung klik logo $ kecil di sebelah kanan video yang bersangkutan. Tanda bahwa suatu video telah disetujui untuk dimonetisasi adalah logo $ berubah menjadi warna hijau.

 

5. Menerima pembayaran

Jika semua tahapan diatas telah kamu lakukan, maka kamu langsung mengumpulkan penghasilan. Dan saatnya sekarang kamu menerima pembayaran.

Perlu diketahui, untuk menerima pembayaran penghasilan dari Youtube, kamu memerlukan akun Adsense yang dikaitkan dengan akun Youtube. Jadi, kamu harus membuat akun Adsense seperti yang saya katakana pada kalimat diatas

Google tidak akan menyuruh kamu segera membuat sebuah akun Adsense, kecuali perolehan pendapatan kamu telah mendekati ambang batas pembayaran, yaitu sebesar $100. Meskipun kamu belum memiliki akun Adsense, pendapatan kamu terus akan dihitung dan disimpan. Dan penghasilanmu bias di cairkan melalui Western Union ataupun kantor Pos terdekat.

Kunci keberhasilan dalam bermain YouTube adalah kreativitas. Semakin banyak video kreatif dan menarik di dalam Channel Anda, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube akan semakin besar juga. Semoga bermanfaat.

Tambahan :

Bagi kamu yang punya Smartphone Android, kamu bisa mendownload aplikasi dari PlayStore yaitu :

YouTube Creator Studio yang fungsinya untuk mengelola saluran kamu di mana saja. Periksa status terbaru, menanggapi komentar, dan menerima pemberitahuan sehingga kamu dapat tetap terhubung dari mana saja. Dengan fitur: Memantau kinerja saluran dan video dengan mudah digunakan analisis, Filter dan menanggapi komentar, Menerima pemberitahuan bila ada hal penting, Rincian pembaruan dan pengaturan monetisasi video dan Mengelola daftar putar.

semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti terus (subscribe) chanel saya.

(berbagai sumber)

4 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan