Review Xiaomi Mi A1, Hape Android Polosan dengan Dua Kamera

0
509

Suketiawan.com – Secara resmi kehadiran Xiaomi Mi A1 dideklarasikan pada sebuah acara yang dihelat di New Delhi, India pada 5 September lalu. Menariknya, selepas diluncurkan di negeri sebelah, tak berselang lama smartphone ini langsung dihadirkan di Tanah Air Indonesia. Xiaomi Mi A1 ini sebagai smartphone Android One yang kelasnya sudah lebih tinggi dibanding versi sebelumnya. Tidak lagi menyasar segmen entry level, dari spesifikasinya Mi A1 memang ditujukan untuk segmen mid-range.

Desain

Xiaomi Mi A1 mengusung desain yang cukup keren banget. Smartphone dengan layar 5,5 inci ini mempunyai dimensi yang cukup tipis . Uniknya, dimensi ini tidak mengurangi kenyamanan ketika dipegang dalam satu tangan. Padahal, bodinya yang berbalut metal seringkali menjadi masalah untuk pengguna lain yang tangannya mudah berkeringat, namun Xiaomi menggunakan tekstur doff yang membuat bodinya agak kesat.

Thegrass Photo Studio

Xiaomi Mi A1 memiliki layar berukuran 5.5 inci yang tercakup di dalam bodinya dengani dimensi 155.4 x 75.8 x 7.3 mm. Walaupun layarnya tergolong besar, namun dengan dimensi yang masih cukup kompak, smartphone berbobot 165 gram ini masih terasa cukup nyaman digenggam. Begitupun ketika diletakkan di dalam saku.  Selain didominasi panel layar 5.5 inci yang sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D, di sini juga terdapat komponen lain. Di bagian atas layar kita akan menemui adanya sensor kamera depan, sensor proximity, dan lubang speaker untuk menerima telepon. Di bawah layar dengan jelas terlihat adanya tombol kapasitif untuk akses multitasking, home, dan tombol back.

Baca juga :   Meriahnya Festival Salak Wedi 2018

Dan disisi lain seperti tombol power dan tombol volume berada di area sisi kanan, slot kartu micro-SD di sisi kiri. Di ruas sisi bagian bawah, terlihat adanya port USB Type-C yang diapit oleh lubang speaker dan jack audio 3.5 mm. Di ruas sisi bagian atas nampak terlihat adanya sensor infra red berada. Adapun di bagaian belakang, selain terdapat sensor dual-camera, di sini juga menjadi tempat bertengger sensor fingerprint dan tentu saja logo Xiaomi bukan logo yang lainnya.

Software & Antarmuka

Sebagai ponsel Android One, Xiaomi Mi A1 mengadopsi Android 7.1.2 Nougat versi terbaru, dan dipastikan ia mendapatkan Android 8.0 Oreo. Xiaomi Mi A1 tidak dibungkus dengan MIUI, membuatnya sebagai ponsel Xiaomi yang benar-benar berbeda dengan yang lainnya. Secara default di layar homescreen terdapat sejumlah ikon menempel, di antaranya folder yang khusus aplikasi bawaan Google, Feedback, Photos, dan ikon akses ke Play Store. Tepat bagian paling bawah, di sini terdapat menu lainnya seperti akses langsung ke menu kontak dan panggilan telepon, ikon Message (SMS), Gmail, browser Chrome, dan menu kamera. Di bagian ini terlihat adanya anak panah kecil yang mengarah ke bagian atas, khas seperti yang ditawarkan oleh smartphone berbasis Android Nougat.

Baca juga :   Presiden Republik Indonesia Jokowi meresmikan peluncuran Desain Uang Rupiah yang Baru

Kamera dan Video

Xiaomi Mi A1 menggunakan dua kamera belakang dengan kekuatan masing-masing 12MP. Keduanya punya fungsi berbeda, yaitu wide angle untuk kamera pertama dan telephoto di kamera kedua. Salah satu fungsi utama yang dihadirkan dari perpaduan kamera ini adalah efek bokeh yang lebih tajam.

Efek bokeh sendiri menekankan titik fokus pada objek tertentu, sehingga lingkungan di sekitar objek menjadi buram. Dalam presentasi saat meluncurkannya, Xiaomi menekankan kemampuan bokeh ini dan kualitas foto secara keseluruhan yang lebih tajam.

Pada layar camera di sisi sebelah kiri, dari atas ke bawah kita akan disajikan menu HDR, ikon untuk mengaktifkan pengambilan gambar dengan background blur (efek bokeh), dan menu untuk mengaktifkan dan menonaktifkan lampu flash. Adapun di sisi kanan, pada antarmuka kamera kita akan mendapati sejumlah ikon, di bagian atas ada ikon untuk switch kamera (depan/belakang), di tengah ada ikon untuk menu Modes di antaranya mode Audio, Beauty, Square, Timer, Straighten, Tilt-shift, Panorama, Manual, dan Group selfies.

Di bagian bawah, terdapat ikon menu yang mana di dalamnya ditemui banyak opsi yang bisa dipilih pengguna untuk menghasilkan bidikan sesuai keinginan. Sementara di area paling kanan, selain terdapat tombol shutter, di sini kita temui adanya ikon untuk beralih ke mode video (di atas) dan akses cepat ke galery (di bawah).

Baca juga :   BlackBerry Hub sekarang bisa dipakai Android

Kesimpulan

Xiaomi Mi A1 menawarkan spesifikasi paling tinggi dari pesaingnya, setidaknya menyangkut prosesor, RAM dan memori internal. Dengan sistem operasi Android yang polosan.

Di harga Rp3 jutaan, Mi A1 sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang performanya cukup baik. Ponsel ini bisa menghasilkan foto dengan efek “Bokeh”. Selain itu, foto dari Mi A1 juga cukup detail. Namun sayangnya belum dilengkapi dengan NFC dan Fast Changer yang kebanyakan sudah terdapat pada Smartphone lainya.

Spesifikasi Xiaomi A1

Bodi 155,4 x 75,8 x 7,3 mm, 165 gram
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Storage 64 GB (microSD up to 128 GB)
Layar IPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)
Kamera 12 MP+12 MP & 5 MP
Baterai 3.080 mAh
Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat
Jaringan Dual-SIM 4G
Konektivitas WiFi, Bluetooth, GPS, NFC
Interface Jack audio 3,5mm, USB type-C
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, infrared