Gerabah Bojonegoro, Menjadikan Home Industri yang Modern

3
302

Suketiawan.com – Di Bojonegoro terdapat sebuah desa yang hampir keseluruhanya warganya menjadi perajin gerabah, desa itu adalah desa Rendeng kecamatan Malo kabupaten Bojonegoro. Di desa ini kita akan menjumpai gerabah yang sedang dijemur didepan rumah yang menegaskan bahwa desanya didominasi para perajin gerabah.

Seorang perajin gerabah mengatakan, perajin di desa setempat mulai mengembangkan gerabah modern, sejak Juni 2015. Kini deretan Minions, Doraemon dan tokoh kartun lainya berderet siap dijual di sentra kerajinan gerabah Desa Rendeng, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro. Aneka produk gerabah modern tokoh film kartun, karena terinspirasi film kartun di televisi. Dan banyak tokoh film kartun yang disukai anak-anak, kemudian muncul ide membuat boneka tokoh film kartun, itulah uniknya gerabah modern. Namun ada juga yang masih membuat gerabah berbentuk hewan-hewan seperti ayam, kucing, macan dan kidang yang masih juga banyak diminati para pembeli.

Dalam Pengerjaan pun disebar antar warga yang satu dengan yang lainya, misalnya begini, untuk tahap awal, percetakan, ada sekelompok warga yang mengerjakan . lalu ketika bentuk yang diinginkan sudah jadi, tahap selanjutnya akan dikerjakan oleh kelompok warga lain, begitu seterusnya hingga proses akhir.

Baca juga :   PT. MNC SKY VISION, TBK (INDOVISION) CABANG BOJONEGORO

Setelah ada produksi gerabah modern itu, lokasi Desa Rendeng, Kecamatan Malo, mulai sering dikunjungi siswa PAUD, juga SD, untuk wisata edukasi. Di lokasi setempat, para siswa bisa melihat cara pembuatan gerabah mulai mencetak, membakar, sekaligus para siswa diajak ikut mewarnai hasil gerabah tersebut. Para siswa yang berkunjung ke lokasi setempat, katanya, memperoleh hadiah gerabah boneka modern dan siswa yang keluar sebagai juara mewarnai memperoleh piala dari gerabah.

3 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan