Perusahaan Apple “krowak” merilis iOS 10, apa saja keistimewaanya?

3
957

suketiawan.com – Dikutip dari Detik.Com, ada beberapa berita yang beredar dalam ajang WWDC 2016 di California, Amerika Serikat yaitu, Perubahan besar hadir pada sistem operasi mobile milik Apple “krowak” tersebut. Tak tanggung-tanggung, ada segudang fitur yang dihadirkan iOS 10. Apa saja yang baru?

Fitur pertama adalah pengalaman pengguna. Apple mendesain ulang lock screen dengan menghadirkan notifikasi baru dan fungsi 3D Touch yang lebih luas. Control Center pun dibuat lebih simpel. Apple melakukan pembaruan asisten digitalnya.

Kini Siri mendukung banyak aplikasi pihak ketiga. Dan dapat memintanya untuk mengirim pesan lewat WhatsApp, memesan Uber, mencari foto, mem-pause workout di Runtastic hingga melakukan panggilan VoIP lewat Skype.
Tak hanya itu Siri sekarang bisa  belajar lebih dalam akan penggunanya. Sehingga ia dapat menawarkan info kontak yang relevan, membacakan pesan hingga mengisi kegiatan di kalender. Dan juga Siri akan ada Dark Mode, jadi kalo pada malam hari tidak akan silau.

Thegrass Photo Studio

Apple turut meningkatkan kemampuan aplikasi Photo. Kini tersemat fitur Face Recognition. Selain itu kemampuan pencarian foto pun ditingkatkan dan ada fitur Memories yang memperlihatkan foto berdasarkan lokasi atau momen yang terkait seperti halnya Photo pada Android, memang fitur ini sudah tertinggal dari si robot ijo.

Baca juga :   Presiden Republik Indonesia Jokowi meresmikan peluncuran Desain Uang Rupiah yang Baru

Aplikasi Maps pun ditingkatkan kemampuannya. Pengguna dapat melakukan pencarian selama navigasi berjalan. Tersedia juga tampilan Dynamic View dan kemampuan memesan kendaraan seperti Uber langsung dari Maps.

Dan Apple turut merombak tampilan layanan musik streamingnya. Apple Music kini telihat lebih menarik dan simpel. Layanan ini juga menghadirkan lirik pada lagu yang diputar dan sehingga bisa buat karaoke.

musik ios10 suketiawan1 musik ios10 suketiawan2 musik ios10 suketiawan
Aplikasi Apple News juga mengalami perombakan tampilan dan dukungan notifikasi. Lalu, Apple juga mengumumkan kehadiran aplikasi Home yang memungkinkan kita mengontrol sejumlah perangkat yang ada di rumah.

Dan tidak ketinggalan peningkatan kemampuan aplikasi iMessange. Aplikasi pesan ini kini mendukung tampilan emoji yang lebih besar tiga kali, efek buble, digital touch layaknya Apple Watch dan dukungan tulisan tangan. Dan kabarnya iMessange akan hadir di Android.
Apple pun menghadirkan App Store untuk iMessage. Pengguna dapat membeli beragam stiker dan aplikasi. Untuk menampilkan semua itu, pada iMessage, Apple menambahkan app drawer.

Untuk melengkapi fitur utama iOS 10, Apple menambahkan kemampuan pengeditan Live Photos dan Split View pada iPad.

Baca juga :   Akhirnya resmi juga, Android 8.0 bernama Oreo

iOS 10 versi developer mulai digulirkan Apple pada 14 Juni ini. Namun versi finalnya baru bisa didapat pada September 2016 mendatang.

ios 10 suketiawan1

Dikutip dari Detik.Com sebelum membesut iOS 10, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat itu akan merilis iOS 9.4. iPhone dan iPad yang mendapat iOS 9.4 kabarnya dapat pula menjalankan iOS 10. Nah, iPhone 4 dan 5S tidak termasuk handset yang mendukung iOS 9.4.
Adapun perangkat yang mendukung iOS 9.4 sebagai berikut:
iPhone 6s Plus
iPhone 6s
iPhone 6 Plus
iPhone 6
iPhone SE
iPhone 5S
iPhone 5C
iPhone 5

iPad Pro
iPad Air 2
iPad Air
iPad 4
iPad 3

iPad Mini 4
iPad Mini 3
iPad Mini 2

Dari pengalaman salah satu member  Kaskus Apple iPhone Community, masih banyak ditemukan bug pada iOS 10 beta ini diantaranya iPhone menjadi cepet panas, dan Game Center yang bisa di remove, slide to unlock tidak ada dan diganti dengan home bottom, karena tiap mau unlock harus klik homebottom.

Baca juga :   Cara membedakan IPhone SU dan iPhone FU

Semoga bermanfaat.