Gerakan Mewujudkan Desa Sehat dan Cerdas Melalui Pemuda Penggerak Desa

0
2308

anak sekolah

Konsep Desa sehat dan cerdas adalah suatu gerakan untuk menciptakan/ mewujudkan sebuah desa dengan kondisi masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang kesehatan termasuk gizi, mampu menerapkan pola/ budaya hidup sehat baik jasmani maupun rohani dan mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih, rapi juga mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kelangsungan hidup baik diri sendiri maupun orang lain dan juga sehat dalam arti mandiri secara ekonomi sedangkan Cerdas adalah suatu gerakan menjadikan masyarakatnya memiliki penKonsep Desa sehat dan cerdas adalah suatu gerakan untuk menciptakan/ mewujudkan sebuah desa dengan kondisi masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang kesehatan termasuk gizi, mampu menerapkan pola/ budaya hidup sehat baik jasmani maupun rohani dan mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih, rapi juga mampu memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk kelangsungan hidup baik diri sendiri maupun orang lain dan juga sehat dalam arti mandiri secara ekonomi sedangkan Cerdas adalah suatu gerakan menjadikan masyarakatnya memiliki pendidikan yang cukup, berkualitas sekaligus bermoral baik pendidikan formal maupun non formal.

Untuk mewujudkan Desa sehat dan cerdas kita perlu menggali potensi potensi yang ada di desa baik potensi alam maupun sumberdaya manusianya, agar arah gerakan desa sehat dan cerdas dalam pelaksanaannya terarah/ tepat sasaran, terukur dan profesional. Dibidang pendidikan Kita gerakkan para pemuda desa yang potensial dengan semboyan Pemuda Penggerak Desa, untuk terlibat langsung dalam memajukan pendidikan anak-anak desa karena pada hakekat anak anak punya potensi untuk maju dan cerdas asal kita bisa mengarahkan dan mendidik dengan cara/ metode yang tepat sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh tiap tiap anak. Pemuda pemuda tersebut kita bina dan latih, kita ajak studi banding ke desa yang sukses mewujudkan desa sehat dan cerdas. Untuk mensukseskan desa sehat dan cerdas maka Serangkaian program/ kegiatan dan kebijakan harus dbuat dengan rencana yang matang dan penuh tanggung jawab baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang serta pelaksanaannya harus dievaluasi keberhasilannya. Jika berhasil faktor faktor apa yang mendukung keberhasilan dan jika ada kegagalan apa yang menjadi kendala, jika evaluasi tidak dilaksanakan jangan berharap gerakan desa sehat dan cerdas akan berhasil/ terwujud. Harus dipilih desa sasaran untuk gerakan desa sehat dan cerdas tentunya dengan kriteria tertentu diantaranya kesiapan, semangat dan kesadaran masyarakat kemudian kita dorong menjadi desa yang mandiri dengan perekonomian yang berkembang pesat dan memiliki nilai tambah hingga menjadi desa yang berkelanjutan. Dimana perkembangan desa tersebut bisa memberi dampak pada desa desa disekitarnya untuk bangkit. Hal terpenting adalah adanya dukungan terhadap sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan pendidikan yang memenuhi standar dan nilai tambah. didikan yang cukup, berkualitas sekaligus bermoral baik pendidikan formal maupun non formal. Untuk mewujudkan Desa sehat dan cerdas kita perlu menggali potensi potensi yang ada di desa baik potensi alam maupun sumberdaya manusianya, agar arah gerakan desa sehat dan cerdas dalam pelaksanaannya terarah/ tepat sasaran, terukur dan profesional. Dibidang pendidikan Kita gerakkan para pemuda desa yang potensial dengan semboyan Pemuda Penggerak Desa, untuk terlibat langsung dalam memajukan pendidikan anak-anak desa karena pada hakekat anak anak punya potensi untuk maju dan cerdas asal kita bisa mengarahkan dan mendidik dengan cara/ metode yang tepat sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh tiap tiap anak. Pemuda pemuda tersebut kita bina dan latih, kita ajak studi banding ke desa yang sukses mewujudkan desa sehat dan cerdas.

Thegrass Photo Studio

Untuk mensukseskan desa sehat dan cerdas maka Serangkaian program/ kegiatan dan kebijakan harus dbuat dengan rencana yang matang dan penuh tanggung jawab baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang serta pelaksanaannya harus dievaluasi keberhasilannya. Jika berhasil faktor faktor apa yang mendukung keberhasilan dan jika ada kegagalan apa yang menjadi kendala, jika evaluasi tidak dilaksanakan jangan berharap gerakan desa sehat dan cerdas akan berhasil/ terwujud. Harus dipilih desa sasaran untuk gerakan desa sehat dan cerdas tentunya dengan kriteria tertentu diantaranya kesiapan, semangat dan kesadaran masyarakat kemudian kita dorong menjadi desa yang mandiri dengan perekonomian yang berkembang pesat dan memiliki nilai tambah hingga menjadi desa yang berkelanjutan. Dimana perkembangan desa tersebut bisa memberi dampak pada desa desa disekitarnya untuk bangkit. Hal terpenting adalah adanya dukungan terhadap sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan pendidikan yang memenuhi standar dan nilai tambah.