Segarnya Es Dawet Ireng Khas Purworejo di Tengah Hutan Kedewan

0
112

Suketiawan.com – siang yang Terik panas enaknya menikmati yang segar-segar, ya Es Dawet Ireng yang khas Purworejo ini hadir ditengah hutan Kawasan Kedewan-Bojonegoro. Saya dan rombongan mendadak berhenti Ketika ada warung dipojokan menyediakan Es Dawet, yang cukup melegakan tenggorokan.

Dawet ireng menjadi salah satu minuman tradisional khas Purworejo, Jawa Tengah. Berbeda dengan sajian dawet pada umumnya yang berwarna hijau, dawet yang satu ini berwarna hitam.

Warna hitam dalam minuman tradisional ini disebabkan penggunaan merang atau jerami. Merang dipilih karena tumbuhan ini akan menambahkan rasa yang lezat dan kekenyalan alami di dalam dawet.

Thegrass Photo Studio

Umumnya, dawet ireng juga disajikan bersama gula merah cair sebagai pemanis. Ada juga yang menambahkan potongan nangka atau es serut. Akan tetapi Es Dawet Ireng ini disajikan dengan Tape Hijau.

Selain rasanya yang kenyal enak, penggunaan merang di dalam dawet ini ternyata punya khasiat sendiri untuk kesehatan. Merang bisa meredakan panas dalam hingga melancarkan pencernaan.

harganya cukup terjangkau sekitar lima ribu rupiah per posi mangkuk kecil.

Tinggalkan Balasan