Menikmati Malam di Kota Tua Jakarta

0
103

suketiawan.com – hello sobat suketiawan, beberapa hari kemarin Senin 7 Mei 2018 saya kebetulan ada di Ibu Kota Indonesia yaitu di Jakarta dalam tugas negara. Dan saya sempatkan jalan-jalan malam di Jakarta, yaitu di Kota Tua Jakarta.

Kota Tua Jakarta terletak di Kelurahan Pinangsia Kecamatan Tamansari Kotamadya Jakarta Barat. Tapi kata temen saya saat ini, kawasan Kota Tua berada di dua wilayah kotamadya, yaitu diantara Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua sebagai cikal bakal Jakarta, tentunya menyimpan banyak cerita di balik megahnya bangunan (tua) cagar budaya peninggalan masa lalu dari zaman kolonial Belanda.

Thegrass Photo Studio

Kota Tua Jakarta, daerahnya berbatasan sebelah utara dengan Pasar Ikan, Pelabuhan Sunda Kalapa dan Laut Jawa, sebelah Selatan berbatasan dengan jalan Jembatan Batu dan jalan Asemka, sebelah Barat berbatasan dengan Kali Krukut dan sebelah Timur berbatasan dengan Kali Ciliwung (menurut google sih, karena saya juga kagak begitu hafal tempat ini, hehehe)

Kota Tua Jakarta di masa lalu merupakan kota rebutan yang menjadi simbol kejayaan bagi siapa saja yang mampu menguasainya. Tak heran jika mulai dari Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda –Pajajaran, Kesultanan Banten –Jayakarta, Verenigde Oost-indische Compagnie (VOC), Pemerintah Jepang, hingga kini Republik Indonesia melalui Pemerintah DKI Jakarta, terus berupaya mempertahankannya menjadi kota nomor satu di negara ini.

Itulah sedikit cerita sejarah tentang Kota Tua Jakarta, namun malam itu saya dan beberapa teman datang ke Kota Tua Jakarta sangat ramai pengunjungnya. Karena saya baru pertama di Kota Tua, saya mencoba menghubungi teman saya yang sudah kenal sekitar sepuluh tahun untuk janjian ketemuan disini. Loh benar sepuluh tahun baru ketemu saat itu juga, ceritanya panjang, karena adanya teman saya ini juga hadirlah web suketiawan.com ini loh hahaha.

Kembali cerita Kota Tua Jakarta ini dibuka pagi sampai jam 10 malam untuk bisa menikmati suasana Kota Tua Jakarta, namun saya hanya bisa menikmati malam hari, banyak juga pedagang PKL untuk menawarkan kuliner malam dan segelas kopi, dan banyak aktifitas, komunitas, muda mudi yang senang berkumpul di Kota Tua Jakarta. Banyak bangunan tua yang masih berdiri kokoh disekitar dan masih terawat bagus. (HDL)